9 Makanan yang Diam-diam Menyebabkan Kanker, Jangan Konsumsi Berlebihan

Rabu, 07 Agustus 2024 - 00:05 WIB
loading...
9 Makanan yang Diam-diam...
Sejumlah makanan diam-diam menyebabkan kanker sehingga disarankan tidak dikonsumsi berlebihan. Makanan yang dikonsumsi setiap hari memiliki dampak signifikan. Foto/Shutterstock Poungsaed-Studio
A A A
JAKARTA - Sejumlah makanan diam-diam menyebabkan kanker sehingga disarankan tidak dikonsumsi berlebihan. Meski terasa enak, namun pilihan makanan yang dikonsumsi setiap hari memiliki dampak signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Beberapa makanan yang sering dianggap aman, ternyata mengandung zat-zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker . Memahami makanan mana yang berbahaya dapat membantu membuat pilihan makanan yang tepat untuk mengurangi risiko kanker.

Meskipun berpotensi meningkatkan risiko kanker, bukan berarti Anda harus menghindarinya sepenuhnya. Kuncinya adalah mengonsumsi dalam jumlah yang moderat dan mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya.

Pilihan makanan yang sehat dan bergizi merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit, termasuk kanker. Berikut adalah sembilan makanan yang diam-diam menyebabkan kanker dilansir dari Times of India, Rabu (7/8/2024).

9 Makanan yang Diam-diam Menyebabkan Kanker





1. Daging Olahan


Daging olahan seperti sosis, bacon, dan hot dog mengandung bahan pengawet nitrat dan nitrit yang dapat berubah menjadi nitrosamin saat terkena panas tinggi selama proses pengolahan. Nitrosamin merupakan zat karsinogen yang sangat kuat.

2. Minuman Bersoda


Minuman bersoda tinggi gula dan seringkali mengandung pemanis buatan yang dapat meningkatkan risiko obesitas,diabetes, dan beberapa jenis kanker. Selain itu, asam fosfat dalam soda dapat merusak email gigi dan mengganggu penyerapan kalsium.

3. Makanan Goreng


Proses penggorengan pada suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa akrilamida, yang merupakan zat karsinogen. Makanan seperti kentang goreng, keripik, dan donat yang digoreng dengan minyak berulang kali memiliki risiko lebih tinggi mengandung akrilamida.

4. Tepung Putih


Tepung putih yang telah melalui proses pemutihan menghilangkan banyak nutrisi penting dan serat. Selain itu, konsumsi tepung putih yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)